Filter disini adalah saringan jadi dalam Microsoft Excel Fungsi dari Filter adalah untuk menyaring data berdasarkan criteria tertentu.
Contoh kasus. Anda mempunyai data siswa seluruh sekolah, anda diminta untuk membagi data siswa tiap jurusan, dalam salah satu kolom yang sudah anda buat terdapat cell yang isinya juruan akan tetapi masih tersusun secara acak. Bagaimana anda dapat menyajikan data per jurusan ketika disajikan data secara acak.
Filter dalam Microsoft Excel |
Misalnya saja data diatas adalah data seluruh siswa di SMK 1 Pantirejo, dan akan kita buat data siswa per jurusan berdasarkan kolom Jurusan, maka anda akan memilih milih jurusan tersebut. Tidak mungkin anda akan melakukannya secara manual karena biasanya tiap sekolah siswanya sampai ribuan. Nah Bagaimana caranya, jawabannya adalah dengan menggunakan Filter Pada Ms.excel
Filter pada ms.excel
1. Blog semua range cell yang akan kita saring/ filter. Misalnya pada kasus diatas adalah dari D2 sampai D19.
2. Pilih sort and filter kemudian pilih Filter. Setelah itu pada cell D2 akan terdapat tanda segitiga yang akan dijadikan pilihan memilih /memfilter.
Filter dalam Microsoft Excel |
3. Pilih tiap jurusan
Filter dalam Microsoft Excel |
Misalnya saja kita memilih jusan yang AKUNTANSI terlebih dahulu maka hasilnya semua siswa yang jurusan AKUNTANSI yang berada di kolom JURUSAN. Dan pada saat ini kita gunakan COPY PASTE pada sheet baru yang dinamakan AKUNTANSI.
Filter dalam Microsoft Excel |
Advanced Filter
Setelah menguasai Filter dalam MS.excel kita mungkin akan lebih mudah membuat data dalam Microsoft Excel. Akan tetapi ada hal yang lebih membuat kita lebih mudah dalam membuat data yaitu dengan menggunakan Advanced filter pada ms.excel. Dengan Advanced filter akan memberi kesempatan membuat filter dengan dua criteria. Bagaimana maksud dua criteria atau lebih dalam advanced filter ini. Kelihatannya kita harus langsung praktek pada kasus.
Advanced filter pada ms.excel |
Perhatikan table diatas, anda disuruh atau membutuhkan sebuah table yang isinya adalah data data siswa yang masuk jurusan AKUNTANSI dan Siswa tersebut adalah laki laki. Berarti ada dua criteria yang kita perlukan yaitu AKUNTANSI dan Laki – laki. Dan mungkin table yang baru anda buat tadi tidak ada Kolom Kode – nya. Nah inilah Advanced filter digunakan.
Langkah langkah advanced filter pada ms.excel.
1. Klik DATA
2. Pilih Advanced filter
3. Akan muncul kotakan seperti dibawah ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
List range = adalah data atau table sumber yang akan kita filter, untuk kasus ini berarti kita akan menggunakan table seluruh siswa SMK 1 PANTIREJO
Criteria Range = digunakan untuk membuat Criteria apa yang akan kita buat dalam membuat table pada .
Copy to = dimana anda akan meletakkan hasil dari advanced filter yang baru.
4. Membuat criteria range.
Criteria range adalah table baru yang isinya kita ubah berdasarkan kebutuhan. Perhatikan kalau kita membuat criteria range seperti ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
Pada table diatas berarti anda akan mendapatkan siswa yang jurusannya adalah AKUNTANSI DAN berjenis kelamin laki laki.
5. isikan seperti pada gambar dibawah ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
Perhatikan
Pastikan List Range adalah table sumber, untuk kasus kali ini adalah kolom yang saya kotaki hitam Criteria range adalah criteria dari filter untuk kasus ini adalah mempunyai dua criteria berdasarkan table yang saya garis hijau, berarti ada dua criteria yaitu Jurusan Akuntansi dan Laki laki Unuk Copy to anda bisa mencari ke tempat yang kosong.
Hasil akhir kalau anda melakukan Advanced filter dengan bena adalah seperti ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
Belum ada tanggapan untuk "Cara menggunakan Filter dan Advanced Filter dalam Microsoft Excel"
Post a Comment