Iklan

Menentukan Rangking atau peringkat dengan Fungsi Rank pada ms.excel

Jaman sekarang ini dalam pembuatan raport atau menentukan nilai siswa selalu menggunakan Microsoft excel. Begitu juga dengan menentukan rangking kelas,akan sangat mudah kalau menggunakan fungsi Rank.

RUMUS FUNGSI RANK

= Rank( number, referensi,Order)

Number adalah sumber yang akan kita buat rankingnya, Referensi adalah berada dimana posisi ranking si number tersebut. Berarti ini berupa range, misalnya berupa siswa seluruh kelas.

Order adalah urutan bisa urutan dari terbanyak atau dari terkecil, 0 untuk urutan dari besar ke kecil dan 1 untuk urutan dari kecil ke besar.

Praktek menentukan ranking kelas dengan ms.excel

Fungsi Rank pada ms.excel
Fungsi Rank pada ms.excel

Tentukan ranking kelas diatas dengan menggunakan fungsi Rank, kalau kita lihat disini berarti cell F adalah yang akan kita buat ranking dengan F3 sampai F19 ditentukan posisinya. Sedangkan Kolom nilai adalah sebagai sumber dan urutannya pasti dari paling besar ke kecil.

1. Tulis Rumus

=RANK(E3;$E$3:$E$19;0)

Perhatikan

Kenapa kita harus menggunakan sumber mutlak $E$3:$E$19, karena agar supaya nilai sumber tersebut tidak berubah ke bawah, sedangkan kalau kita gunakan tidak mutlak E3:E19 maka lokasinya akan berubah setelah kita drag kebawah sehingga akan mengganggu rangking secara umum. Cara untuk menentukan fungsi absolute adalah setelah kita menentukan sumber tekan saja F4

2. Drag ke bawah, hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.

Fungsi Rank pada ms.excel
Fungsi Rank pada ms.excel

Kalau kita perhatikan pada kolom ranking diatas ada siswa yang mempunyai ranking yang sama hal ini dikarenakan siswa tersebut memang mempunyai nilai yang sama, terus bagaimana cara agar anda ingin tidak ada nilai yang sama dalam penentuan ranking di Microsoft Excel.

Fungsi Rank pada ms.excel
Fungsi Rank pada ms.excel

Menghilangkan Rangking yang sama di Microsoft Excel

Kadang ketika menentukan ranking pada microsoft excel akan ada sebuah kesalahan yang paling wajar dan sering terjadi, misalnya saja adalah terdapat nilai yang sama pada ranking tersebut, hal ini wajar karena memang ada nilai yang sama. Gunakan rumus berikut untuk mengatasinya

=RANK(E3;$E$3:$E$19;0)+COUNTIF(E$3:E3;E3)-1

Sehingga hasilnya nanti akan seperti pada gambar berikut tidak ada nilai yang sama.

Fungsi Rank pada ms.excel
Fungsi Rank pada ms.excel

Akan tetapi seandainya kita teliti lagi, ranking tersebut sebenarnya tidak adil karena siswa yang sama dengan posisi absen diatas mendapatkan rangking atau peringkat terbaik, untuk memberikan peringkat yang adil mungkin bisa dengan melihat kelakuan atau daftar hadir siswa yang bersangkutan.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Menentukan Rangking atau peringkat dengan Fungsi Rank pada ms.excel"

  1. Ternyata harus dikasih tanda "$" untuk menghilangkan nilai yang sama. Sekarang saya jadi tahu permasalahannya. Makasih sekli yah...
    Juragan Kangkung

    ReplyDelete