Iklan

fungsi sum average max min dan count dalam microsoft excel

Fungsi Sum pada Ms. Excel

Penggunaan Fungsi Sum

Fungsi Sum pada ms.excel digunakan untuk menjumlahkan data isi cell yang dituju, penjumlahan tersebut bisa berupa vertical ( dari atas ke bawah ) ataupun horizontal (mendatar).

Penulisan Rumus SUM pada Ms. Excel

= SUM ( Cell awal: cell akhir)

Untuk penulisan RUMUS SUM perhatikan contoh penulisannya dibawah ini, ingat kita bisa menggunakan tanda koma(,) ataupun titik koma (;) tergantung pengaturan awal dari Office anda.

= SUM ( A1:A17)

Berarti rumus diatas menjumlahkan seluruh isi cell dari A1 sampai A17 dan berarti ini adalah bentuk penjumlahan vertical atau dari atas kebawh

= SUM (A5:D5)

Berarti penjumlahan diatas adalah penjumlahan mendatar dari A5, B5, C5, sampai D5

Soal fungsi SUM pada MS.Excel

Hitunglah jumlah pembelian berikut dengan menggunakan rumus SUM.

Untuk mengisi Cell C10 maka rumus SUM yang digunakan adalah = SUM ( C1:C9) dan hasilnya nanti akan seperti pada gambar dibawah ini.

Fungsi MIN pada Ms. Excel

Fungsi MIN digunakan untuk mencari data terendah pada suatu range, sehingga rumus ini sangat penting penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.

Penulisan Rumus MIN pada Ms. Excel

= MIN ( cell awal : Cell AKhir)

= MIN ( A2: A7)

Maksud pada rumus diatas adalah untuk menentukan nilai cell diawal dan akhir, untuk kasus diatas maka kita akan menentukan nilai terendah dari range cell A2, A3, A4, A5, A6, A7 . untuk lebih memahaminya perhatikan contoh praktek nya berikut

Penggunaan FUNGSI MIN pada MS Exel

Hitunglah harga termurah dari produk produk dibawah ini. Untuk menentukan harga termurah maka secara otomatis kita akan menggunakan fungsi MIN, dan rumus untk soal dibawah ini adalah = MIN(C2:C8) yang artinya akan menentukan nilai terendah dari C2 sampai C8

sehingga nanti hasil ketika kita mencari harga termurah seperti dibawah ini, gunakan rumus =MIN(C2:C9)

Fungsi MAX pada MS Excel

Fungsi MAX pada ms excel adalah digunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari sebuah range, misalnya saja bisa digunakan untuk mencari siswa dengan nilai yang tertinggi dalam satu kelas.

Penulisan Fungsi MAX

= MAX( Cell awal : Cell akhir)

= Max (B2: B10) berarti kita akan mencari nilai tertinggi dari cell B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9 DAN B10.

Contoh Penggunaan Fungsi MAX

Perhatikan table dibawah ini, carilah harga paling mahal diantara barang barang tersebutt, maka langkah yang harus kalian lakukan adalah menggunakan fungsi Max, rumus = Max ( C2:C9)

Fungsi Average pada MS Excel

Fungsi Average digunakan untuk mencari nilai rata rata dari suatu range tertentu. Ini biasa digunakan untuk menentukan rata rata nilai mata pelajaran di dalam sebuah kelas.

Penulisan Fungsi Average

= average(cell awal: cell akhir)

= Average ( C2:C9) berarti menentukan nilai rata rata dari cell C2 sampai C9.

Penggunaan Fungsi Average

Berapakah harga rata rata dari produk dibawah ini. Untuk menentukan harga rata-rata anda bisa menggunakan fungsi average perhatikan penulisan rumushnya dibawah ini

Fungsi Count pada MS Excel

Penulisan = Count(Cell awal : cell akhir)

Adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk menghitung rang yang mempunyai data berupa angka, berbeda dengan fungsi SUM yang merupakan jumlah total dari isi tiap sell,fungsi Count sendiri berbeda sangat jauh dengan SUM, count intinya adalah menghitung jumlah sell bukan isinya. Perhatikan penjelasan sesuai contoh berikut.

Maka secara logika nilai angka dari A1:C10 ada berupa 17, mereka adalah A2 sampai A9 ditambah dengan C2:C10, berikut hasilnya kalau kita gunakan fungsi Count

Latihan soal fungsi Sum, Average, min dan max pada Microsoft Excel untuk Tabel penghasilan

Isilah cell yang kosong berikut dengan menggunakan rumus dan fungsi hitungan sederhana.

Cara pengerjaan

Untuk kolom TOTAL caranya adalah dengan menjumlahkan pendapatan perminggu ditambah dengan penghasilan lembur sehingga akan dan rumusnya adalah seperti ini untuk kolom G2=(E2*C2)+(D2*F2) setelah itu untuk G3 sampai G8 tinggal ditarik kebawah

Untuk kolom H2 atau pajak caranya adalah perkalian 10 % dari Total pendapatan sehingga rumusnya seperti berikut untuk cell H2 = 10%*G1, sedangkan untuk H3 sampai H8 tinggal tarik kebawah.

Untuk penghasilan bersih kita tinggal mengurari Total dikurangi Pajak, rumus untuk I2 adalah = G32-H2

Untuk Total Pengeluaran kita gunakan fungsi SUM = SUM(I2:I8)

Penghasilan terbanyak kita gunakan Fungsi Max = Max(I2:I8)=

Penghasilan Paling sedikit kita gunakan fungsi Min, =min(i2:I8)

Untuk rata rata penghasilan kita gunakan fungsi Average= average(I2:I8)

Sehingga hasilnya nanti seperti pada gambar dibawah ini

kalau dilihat rumusnya seperti ini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "fungsi sum average max min dan count dalam microsoft excel"

Post a Comment