Iklan

Fungsi IF pada ms Excel dan penggunaanya serta contoh dalam perhasalahan

Penggunaan Fungsi IF

Fungsi ini adalah sebuah fungsi yang paling sering digunakan dalam Microsoft excel, termasuk dalam bagian logika. Fungsi ini dapat digabungkan kedalam beberapa fungsi lain antara lain Sum menjadi SUmif dan count menjadi Countif.

Penulisan Fungsi IF pada Ms Excel

Penulisan dari Fungsi IF ini sebenarnya sama saja antara Microsoft Excel 2003, 2007, 2010 atau 2013 dan yang membedakan adalah antara tanta Kome “ ,” atau titik koma “;” yang disebabkan oleh pemilihan bahasa pada program Office yang digunakan. Langsung saja coba lihat penulsian Fungsi IF seperti dibawah ini

= IF ( Pernyataan, pernyataan jika benar, pernyataan jika salah)

Makud rumus diatas adalah seperti ini seandainya kita membuat pernyataan maka kalau kita menggunakan fungsi if ada dua kemungkinan yaitu kemungkinan yang benar dan salah hasilnya sesuai dengan yang kita setting. Bingung ya, ya memang fungsi ini membingungkan kalau belum praktek akan tetapi kalau sudah praktek…sangat mudah..

Penggunaan Fungsi IF dalam Kehidupan sehari Hari

Sebagai kasus penggunaan fungsi if kita ibaratkan ada sebuah ilustrasi seperti ini, kita seseorang telah membeli jumlah barang tertentu dalam toko dan dengan kondisi jika dia telah membeli barang sampai harga tertentu maka dia akan mendapatkan diskon , berarti nanti penulisan fungsi IF – nya seperti ini = IF ( minimal pembelian, diskon, tidak dapat diskon) perhatikan table berikut .
Untuk Kolom DIskon jika pembelian barang lebih dari 100,000 maka dikenakan diskon, jika tidak maka tidak dikenakan diskon.

Fungsi IF Pada Ms Excel
Fungsi IF Pada Ms Excel

Penulisan Rumus if untuk soal diatas adalah

IF = ( B4>100.000, “ Ya”, “ Tidak”) Setelah menulis seperti diatas kemudian tekan enter, untuk kebawahnya tinggal mendrag tanda + pada pada kolom C4 yang sudah ada jawaban benarnya. Berikut hasilnya
Fungsi IF Pada Ms Excel
Fungsi IF Pada Ms Excel

Hasil akhir setelah didrag ke bawah


Fungsi IF Pada Ms Excel
Fungsi IF Pada Ms Excel
Kita lihat penggunaan FUngsi IF secara keseluruhan, penulisan umusnya satu persatu adalah sebagai berikut. Untuk bisa melihat rumus formula yang telah kita gunakan caranya adalah dengan mengklik Show Formulas pada bagian Formula.

Fungsi IF Pada Ms Excel
Fungsi IF Pada Ms Excel

Soal Fungsi IF dan Penyelesaiannya

Isilah kolom keterangan dibawah ini dengan pernyataan sebagai berikut Jika nilai rata rata nilai Matematika, bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris diatas 65 maka siswa tersebut tuntas jika tidak maka remidi.

Pembahasan dan Penyelesaian soal Fungsi IF diatas

Kalau kita bayangkan berarti untuk pernyataan adalah jika nilai dari keterangan diatas 65 dan pernyataan jika benar adalah “ Tuntas” dan jika pernyataan tersebut salah maka hasilnya adalah “ Remidi” sehingga penulisannya fungsinya seperti dibawah ini.

=if(F4>65, “ Tuntas”, “ Remidi”)

Sehingga hasilnya seperti pada gambar dibawah ini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi IF pada ms Excel dan penggunaanya serta contoh dalam perhasalahan "

Post a Comment